Smartphone Xiaomi Siap Pakai RAM LPDDR5, Selangkah di Depan!

JS NEWS – Saat ini mayoritas smartphone memakai RAM bertipe LPDDR4, Xiaomi sudah selangkah di depan. Smartphone Xiaomi dilaporkan siap memakai LPDDR5.

Dikutip HiTekno.com dari Gizmochina, Micron Technology telah siap untuk memproduksi memori RAM LPDDR5 yang ditujukan ke smartphone.

Seperti diketahui, saat ini Micron Technology sedang memimpin industri memori dengan berhasil menghadirkan RAM 12 GB ke pasaran.

Disebut-sebut smartphone Xiaomi Mi 10 akan jadi yang pertama dalam memakai RAM LPDDR 5 ini. Namun ada kabar lain yang menyebutkan ada smartphone lain.

Baca Juga : Mi Wireless Charging Pad Resmi Diboyong Xiaomi ke Indonesia

Samsung Galaxy S20 juga diprediksi akan memakai RAM generasi terbaru ini. Namun kabar ini masih samar-samar kejelasannya.

Nantinya, DDR5 menjanjikan kecepatan transmisi sampai 6,4 Gbps. Kecepatan dua kali lipat dibandingkan LPDDR4 dan 20 persen lebih kencang dari LPDDR4x.

Sedangkan untuk LPDDR5 tidak hanya menjanjikan memori yang rendah daya, namun juga memiliki access speed meningkat 50 persen.

RAM LPDDR5 dari Micron. (Micron)
RAM LPDDR5 dari Micron. (Micron)

RAM LPDDR5 juga disebut-sebut memiliki konsumsi daya 20 persen lebih rendah dibandingkan memori RAM lain yang ada di pasaran.

Micron Technology mengungkap RAM LPDDR4 mumpuni untuk pengolahan image 4k, bahkan 8K. Namun kurang optimal jika dipakai untuk AR game, image 100 MP lebih, dan high performance video editing.

Bottleneck jadi isu utama untuk pemrosesan tingkat tinggi pada teknologi RAM ini. Persoalan itu dijanjikan akan teratasi dengan RAM LPDDR5.

Chang Cheng, Vice President Xiaomi Grup memastikan pemakaian kalau smartphone Xiaomi Mi 10 akan memakai RAM generasi terbaru ini.

Kita tunggu saja kehadiran smartphone Xiaomi Mi 10 nanti apakah jadi yang pertama memakai RAM LPDDR5 atau malah Samsung Galaxy S20 yang lebih dulu.

SUMBER