Hands-on MSI Alpha 15: Laptop Gaming Pertama Tandem MSI dan AMD


JS NEWS – MSI Alpha 15 merupakan laptop gaming pertama dari MSI yang menggandeng AMD baik dari sisi prosesor maupun grafis-nya. Tidak hanya itu, laptop ini juga unggulkan penggunaan chip grafis dengan arsitektur 7 nm pertama di dunia. Seri Alpha 15 terdiri dari dua SKU yaitu tipe A3DD yang menggunakan grafis Radeon RX 5500M 4GB GDDR6 dan tipe A4DC yang menggunakan Radeon RX 5300M 4GB GDDR6.

Hal lain yang jadi pembeda diantara dua SKU tersebut adalah refesh rate dari layar serta warna backlit pada keyboard. Sama-sama punya layar IPS dengan ukuran 15,6 inci, tipe Alpha 15 A3DD punya refresh rate 144 Hz dan tipe A4DC refresh rate-nya 120 Hz. Dan pada backlit keyboard tipe A3DD punya warna RGB per-key, sedangkan tipe A4DC backlit-nya hanya punya satu warna yaitu merah.

Chip grafis AMD Radeon RX 5500M dan Radeon RX 5300M 4GB GDDR6 yang sama-sama menggunakan arsitektur 7 nm ini secara umum mampu memberikan performa lebih tinggi dengan konsumsi daya lebih kecil. Ini dimungkinkan berkat penggunaa ukuran die yang lebih kecil. Sedangkan secara fisik, kedua laptop ini memiliki tampilan sama persis.

Sebagai laptop gaming, bobotnya terbilang enteng, hanya 2,3 kg. Dimensinyajuga tidak terlalu lebar dengan panjang 35 cm, lebar 24 cm, dan ketebalan 2,7 cm. Bodinya sebagian besar dilapisi dengan bahan plastik kokoh yang diberi warna silver. Bagian cover ada dua garis sebagai motif tambahan serta logo. Seri ini juga sebagai yang pertama dari MSI menggunakan logo baru yang diambil dari bentuk burung thunder bird. Bagian layar menggunakan bezel tipis di sisi kiri, kanan, dan atas. Meski demikian, MSI masih bisa menempatkan webcam di beel bagian atas.

BACA JUGA : Hands-on MSI Prestige 14: Laptop Intel Comet Lake Ringkas dan Cantik

Laptop ini hadir dengan tampilan meriah, utamanya ketika bakclit RGB pada keyboard diaktifkan. Backlit juga akan menyala pada dua port USB di sisi kiri dan kanan. Untuk touchpadnya memiliki fisik berupa tambahan fungsi tombol klik kiri dan kanan. Sedangkan diatas keyboard sebelah kanan atas, terdapat tiga tombol fisik, satu berupa tombol Power dan dua tombol lainnya berupa tombol quick launch untuk aplikasi pendukung yang terdiri dari SteelSeries Engine dan Dragon Center.

Sebagai laptop gaming yang rentan panas, MSI telah merancang laptop dengan menyertakan beberapa lbang udara. Di sisi belakang terdapat lubang berukuran besar dengan motif yang memberi kesan bahwa ini laptop gaming. Lubang udara juga ada di sisi kiri dan kanan, sebelum posisi konektor. Tidak ketinggalan bagian bawah yang merupakan lubang sirkulasi untuk menghisap udara ke dalam komponen.

Untuk konektivitas, sisi kiri terdapat port LAN, HDMI, mini DisplayPort, USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C yang belum support Thunderbolt 3, dan jack audio 3.5 untuk microphone dan earphone. Sedangkan sisi kanan terdapat dua port USB 3.2 Gen 1 Type-A dan card reader, dan disebelahnya masih ada port adaptor.

MSI Alpha 15 hadir dalam dua seri yaitu A3DD dan A3DC. Utk A3DD yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7-3750H dan grafis Radeon RX 5500M 4GB GDDR6 dibanderol dengan harga Rp15.499.000. Sedangkan A4DC dengan grafis Radeon RX 5300M 4GB GDDR6 dibanderol seharga Rp13.999.000.

SUMBER