Cara Kunci & Menyembunyikan Folder di Laptop Windows Tanpa Aplikasi

JS NEWS – Kalian punya privasi yang ingin disembunyikan di laptop? kalian harus mencoba cara menyembunyikan folder di laptop berbasis sistem operasi Windows berikut ini.

Bagi sebagian orang, termasuk saya, tidak nyaman rasanya jika privasi kita tersebar begitu saja. Apalagi hanya karena hal sepele, seperti meminjamkan laptop kepada sahabat, keluarga, maupun rekan kerja.

Privasi menjadi sebuah hal yang banyak dikhawatirkan banyak orang dalam penggunaan perangkat perangkat seperti komputer. Mulai dari keamanan sampai dengan kerahasiaan, faktor-faktor yang berkaitan dengan privasi selalu dianggap sebuah hal yang sangat penting.

Meskipun privasi merupakan hal yang sederhana, bagi kebanyakan orang privasi merupakan segalanya. Oleh karena itu, kebanyakaan orang akan berusaha mati-matian agar privasinya tidak tersebar.

Bahkan untuk melindungi rahasia pribadinya, sebagian orang menggunakan dua akun berbeda untuk melindungi data-datanya. Atau bahkan pengguna tersebut takut meminjamkan perangkat laptop kesayangannya kepada orang lain, terutama kepada orang-orang yang tidak dapat dipercaya.

Baca Juga: Lima Tips Buat Siaran Podcast Supaya Viral

Menyikapi hal ini, kalian tak perlu merasa khawatir. Jika kalian punya banyak data pribadi yang tersimpan di laptop, kalian sebenarnya dapat mengunci dan menyembunyikannya.

Tidak perlu tools atau aplikasi khusus untuk menyimpan dalam-dalam privasi kita, kalian hanya perlu menggunakan aplikasi Notepad yang telah terinstal secara langsung saat kita menginstal Windows.

Notepad merupakan aplikasi bawaan sistem Windows, yang dapat digunakan untuk beberapa hal berkaitan dengan editor teks. Menurut saya, aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi yang sangat ringan untuk digunakan, namun sangat powerfull termasuk untuk mengedit beberapa kode perintah program, seperti file berekstensi [dot]bat.

File berekstensi [dot]bat atau batch file merupakan berkas teks yang berisi beberapa seri perintah yang akan dijalankan oleh interpreter perintah. Secara sederhana, batch file bisa dikatakan sebagai kumpulan baris perintah yang dapat dijalankan oleh sistem beroperasi Windows.

Lalu, bagaimana cara mengunci folder di laptop yang bersitem operasi Windows?

Cara Mengunci folder di Laptop Windows

Menjawab kegelisahan pengguna komputer karena takut privasinya tersebar, kami akan memberikan sebuah cara sederhana mengunci folder di laptop Windows agar privasi kita aman. Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian lalui untuk mengunci folder, antara lain yaitu

  1. Buka aplikasi Notepad
  2. Copy baris perintah di bawah ini ke dalam aplikasi Notepad
    cls 
    @ECHO OFF 
    title Folder Private 
    if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK 
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER 
    :CONFIRM 
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) 
    set/p "cho=>" 
    if %cho%==Y goto LOCK 
    if %cho%==y goto LOCK 
    if %cho%==n goto END 
    if %cho%==N goto END 
    echo Invalid choice. 
    goto CONFIRM 
    :LOCK 
    ren Private "HTG Locker" 
    attrib +h +s "HTG Locker" 
    echo Folder locked 
    goto End 
    :UNLOCK 
    echo Enter password to unlock folder 
    set/p "pass=>" 
    if NOT %pass%== PASSWORD goto FAIL 
    attrib -h -s "HTG Locker" 
    ren "HTG Locker" Private 
    echo Folder Unlocked successfully 
    goto End 
    :FAIL 
    echo Invalid password 
    goto end 
    :MDLOCKER 
    md Private 
    echo Private created successfully 
    goto End 
    :End
  3. Ganti PASSWORD dengan sandi yang ingin anda gunakan
  4. Simpan file dengan menggunakan File > Save As. Ganti Save as Type menjadi All Files (“.”). Beri nama file dengan menuliskan nama file diakhiri dengan “.bat” pada File name. Sebagai contoh saya akan menyimpan dengan nama Rahasia, maka isi File name dengan Rahasia.bat
  5. Untuk lokasi penyimpanannya silahkan arahkan ke folder tertentu
  6. Setelah selesai, klik Save
  7. Buka folder yang tempat menyimpan batch file tersebut, kemudian klik dua kali pada file berekstensi .bat tersebut
  8. Secara otomatis akan muncul folder baru dengan nama Private. Di folder ini anda dapat memindahkan file yang akan dikunci dan disembunyikan
  9. Jika sudah, klik dua kali lagi pada batch file
  10. Jika muncul persetujuan “Are you sure you want to lock the folder(Y/N)”, klik tombol y dan enter
  11. Folder Private tadi akan menghilang
  12. Untuk membukanya, klik dua kali pada batch file yang sama
  13. Ketikan kata sandi yang digunakan, dan klik enter
  14. Secara otomatis, Folder yang hilang tadi akan muncul kembali

Bagaimana jika kalian lupa password yang digunakan? Tak perlu khawatir, kalian hanya perlu klik kanan pada batch file, kemudian pilih edit. Cari bagian if NOT %pass%== sandimu goto FAIL dan ganti sandimu dengan password yang baru.

SUMBER